Penanganan Dan Perlakuan Pada Kendaraan
- Alas kaki
- Penutup Tempat Duduk
- Penutup Fender
- Penutup Roda Kemudi
- Stoper Roda
- Gunakan Selalu Alas kaki Penutup Tempat Duduk Penutup Fender Stoper Roda dan Penutup Grill.
- Kendarai Kendaraan Pelanggan Dengan Hati Hati Karena itu hal Yang Penting Untuk Menjaga Kendaraan Supaya Tetap Baik.
- Jangan Pernah Merokok Di Dalam Kendaraan Karena Berbahaya.
- Jangan Menggunakan Audio Atau Mobil Pelanggan Karena Bisa Membuat Kecewa Para Pelanggan.
- Buang Sampah Dan Kotak Part Pada Kendaraan.
Penampilan Profesional
- Mengenakan Seragam Bersih Dan Rapih.
- Mengenakan Sepatu Kerja Yang Rapih.
- Mengenakan Sarung Tangan.
- Rambut Rapih Dan Tidak Panjang.
- Lap Bersih Di Saku.
- Tidak Menggunakan Ikat Pinggang.
- Tidak Menggunakan Jam Tangan Atau Cin Cin.
- Tidak Mengantongi Benda Keras/Logam Di Saku
Kerapihan Dan Kebersihan
- Jaga Kebersihan, Kerapihan, Dan Keteraturan Tempat Kerja(lantai, peralatan, meja kerja taster, dan lain lain dengan cara
- Membuang Atau Menyimpan Benda/ Item Item yang Sudah Tidak Diperlukan.
- Meletakan Dan Menyimpan Part Dan Material Secara Teratur.
- Menyapu, Menyuci Dan Menggosok.
- Bekerja Dengan Kendaraan Lurus Di Stall.
Keselamatan Kerja
- Gunakan Peralatan Dan Perlengkapan Lain (auto lift, dongkrak, gerindra an lain lain).
- Berhati Hatilah Terhadap Api Dan Tidak Boleh Merokok Saat Bekerja.
- Jangan Menangani Benda Yang Berat Dan Berbahaya Bagi Anda.
Perencanaan Dan Persiapan
- Konfirmasikan 'Item Utama' (Alasan Utama Pelanggan Membawa Kendaraan Ke Bengkel)
- Pastikan Bahwa Anda Memahami Permintaan Pelanggan Dan Industri S/A atau Pengontrol/Foreman.
- Behati Hatilah SaatBerkomunikasi Yang Berkaitan Dengan Pekerjaan Ulang (Return Job).
- Bila Ditemukan Adanya Pekerjaan TambahanYang Terpisah Dari Jadwal Pekerjaan, Laporkan Pada Pengontrol/Foreman Atau S/A Kerjakan Pekerjaan Tambahan ApabilaTelah Mendapatkan Persetujuan Dari Pelanggan.
- Rencanakan Pekerjaan Anda (Urutan Kerja Dan Persiapan)
- Pastikan Bahwa Part Yang diperlukan Ada Di Stok.
- Lakukan Pekerjaan Berdasarkan Order Perbaikan (Repair Order)Untuk Menghindari Kesalahan.
Pekerjaan Cepat Dan Dapat Di Andalkan
- Gunakan SST (Special Sevice Tool) Dan Taster Yang Cepat.
- Bekerjalah Sesuai Dengan Buku Pedoman Reparasi EDW, Pedoman Diagnosa Untuk Menghindari Bekerja Dengan Cara Menerka Nerka.
- Dapatkan Selalu Infomasi Teknik Terbaru, Seperti Tecnicial Servive Buletin.
- Bertanyalah Pada S/A atau Pengontrol/Foreman Bila Anda Tidak Yakin Akan Suatu Hal.
- Manfaatkan Pelatihan Yang Tersedia.
Selesai Sesuai Waktu Yang Diinginkan
- Sesekali Periksa Jika Anda Dapat Menyelesaikan Pekerjaan Tepat Waktu.
- Beritahu S/A Atau Foreman/PengontrolBila Menurut Anda Pekerjaan Akan Akan Selesai Lebih Cepat Atau Malah Memerlukan Pekerjaan Tambahan.
Periksa Pekerjaan Bila Telah Selesai
- Pastikan Bahwa Item Utama Telah Selesai.
- Pastikan Bahwa Pekerjaan Lain Yang Diminta Telah Diselesaikan.
- Pastikan Bahwa Kendaraan Paling Tidak Sama Bersih Dengan Kondisi Saat Diterima.
- Kembalikan Tempat Duduk, Roda Kemudi, Dan Kaca Spion Ke Posisi Semula.
- Stell Kembali Jam, Radio, Dll Bila Memorinya Telah Dihapus.
Simpan Part Part Lama (Part Bekas)
- Letakan Seluruh Part Lama Atau Bekas Pada Kantung Plastik Atau Kantung Kosong.
- Letakan Part Part Lama Pada Tempat Yang Telah Ditentukan. Contoh : Di Lantai Tempat Duduk Penumpang Depan.
Tindak Lanjut
- Isilah Order Perbaikan Dan Laporan (contoh : tulis sebab masalah, part yang diganti, alasan penggantian lamanya waktu pengerjaan dll)
- Beritahu Pengontrol/Foreman Atau S/A Bila Ada Informasi Tambahan Yang Tidak Tertulis Di Order Perbaikan (repair order)
- Beritahu Pengontrol/Foreman Atau S/A Bila Anda Melihat Hal Yang Tidak Biasa Saat Bekerja.
Rating: 4.5 - Reviewer: Koko Koswara - ItemReviewed: 10 Prinsip Kerja Tekhnisi Profesional
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar